Perencanaan Pemasaran:
Bagaimana Cara Menciptakan Marketing Plan (Rencana Pemasaran) yang Unggul untuk Bisnis Kecil Anda
Mengapa memerlukan rencana pemasaran?
Tujuan rencana pemasaran adalah untuk merencanakan kerja anda dan melaksanakannya. Nasihat filosofi bisnis ini akan membantu anda untuk berhasil di berbagai aktivitas – termasuk pemasaran.
Apakah rencana pemasaran itu?
Rencana pemasaran adalah strategi bisnis untuk menjual dan memasarkan
produk dan/atau jasa. Dalam level mikro, rencana pemasaran akan
mengubah produk menjadi sesuatu yang akan mengisi celah pasar dan
memenuhi kebutuhan pelanggan. Rencana ini juga akan merincikan harapan
penjualan, saham pasar, dan sebagainya. Rencana ini sangat rinci dan
spesifik. Hal-hal yang termasuk di dalamnya adalah waktu penjualan,
aktivitas-aktivitas pengiklanan, pemberian harga, dan upaya-upaya
pendistribusian. Selain itu, rencana pemasaran juga menyatakan secara
tepat apa yang dapat dilakukan bisnis dalam peluncuran produk baru dan
mendukung produk-produk sebelumnya. Bagaimana rencara akan dilaksanakan
dan apa hasilnya juga tertulis dalam rencana pamasaran. Rencana ini
adahal dokumen rahasia yang biasanya terjilid.
Apa saja yang termasuk dalam rencana pemasaran?
Apa saja yang termasuk dalam rencana pemasaran?
Executive summary/ringkasan pelaksanaan.
Bagian ini menekankan tujuan-tujuan utama dan rekomendasi-rekomendasi
rencana pemasaran. Lalu, rencana ini juga harus menjelaskan tentang dana
yang diperlukan dan bagaimana kesuksesan bisnis akan diukur.
Analisa tentang keadaan terkini. Bagian ini mengandung kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan persaingan bisnis.
Penaksiran terfokus pada kesempatan bisnis.
Yang termasuk di dalamnya adalah macam-macam golongan bisnis. Di sini,
harus dicantumkan juga, apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan
tantangan-tantangan bisnis yang perlu dihadapi.
Tujuan keuangan dan pemasaran. Yang tercantum
di bagian tujuan keuangan adalah pengharapan kenaikan keuntungan anda.
Juga, cantumkan pengharapan laba pada akhir masa perencanaan. Yang
termasuk di dalam tujuan pemasaran adalah jumlah unit penjualan atau
saham pasar yang akan anda dapatkan.
Ringkasan strategi pemasaran. Bagian ini
mengandung target pasar anda. Jelaskan bagaimana produk anda akan
diposisikan, didistribusikan, dan diberi harga. Juga jelaskan bagaimana anda bisa mencapai tujuan marketing anda.
Misalnya, dengan mengorganisasi bagian penjualan, menggunakan potongan
harga, mengadakan iklan kampanye nasional, dan sebagainya. (Baca
artikel 80 Small Business Marketing Tactics di website kami)
Anggaran pemasaran bulanan. Yang termasuk di
sini, bagaimana anda membiayai rencana pemasaran anda tiap bulan. Beraga
harga pemasaran? Berapa pemasukan yang dihasilkan dari rencana
pemasaran? Atau berapa banyak barang yang bisa anda jual?
Bagaimana saya menjalankan rencana pemasaran saya?
Menjalankan rencana pemasaran dimulai dari menentukan siapa pelanggan
anda. Setelah mengetahui kepada siapa anda akan menjual barang anda, 4
macam alat pemasaran bisa digunakan untuk mencapai tujuan. 4 alat itu
adalah Product, Place, Price and Promotion, atau Produk, Tempat, Harga, dan Promosi.
“Produk” adalah apa yang perusahaan tawarkan kepada
pelanggan. Ini adalah fokus dari pemasaran. Jelaskan secara rinci
tentang apa yang perusahaan sediakan kepada pelanggan. Selain itu,
jelaskan juga tentang tawaran-tawaran abstrak. Apakah pelanggan akan
mendapatkan garansi? Pada dasarnya, produk adalah keseluruhan dari apa
yang anda tawarkan ke pelanggan.
Di bawah ini adalah beberapa cara bagaimana anda bisa mengkategorikan produk anda:
- Bentuk – ukuran, rupa, struktur jasmani.
- Ciri-ciri – tambahkan aplikasi-aplikasi baru ke layanan/produk anda.
- Kualitas pelaksanaan – level dari fungsi produk dan layanan anda.
- Kemantapan kualitas – semua produk anda harus mempunyai kualitas yang sama.
- Daya tahan – berapa lama produk dapat bertahan.
- Keandalan – jangan biarkan produk anda gagal berfungsi.
- Gaya – bagaimana pelanggan melihat dan merasakan produk.
Anda juga bisa membedakan produk anda dengan menawarkan layanan spesial. Beberapa contohnya:
- Kemudahan pemesanan – bagaimana pelanggan dapat dengan mudah memesan.
- Pengiriman – seberapa cepat produk dapat dikirim.
- Melatih pelanggan – apakah perusahaan anda menawarkan untuk melatih pelanggan untuk menggunakan produk atau tidak.
- Konsultasi pelanggan – apakah perusahaan akan menawarkan anjuran-anjuran atau tidak.
- Pemeliharaan dan perbaikan – bagaimana perusahaan membantu pelanggan untuk menjaga agar barang tetap bekerja dengan baik.
“Tempat” adalah titik penjualan dan pendistribusian
produk atau layanan. Tempat bisa berarti toko eceran, jaringan
distribusi nasional, situs e-commerce, katalog, ato lainnya. Penting
untuk diketahui bahwa ada banyak cara untuk mencapai pelanggan anda.
Pastikan bahwa yang anda pilih adalah yang termudah bagi pelanggan. Jika
pelanggan ingin membeli lewat internet, anda pun harus menjual dari
internet
“Harga” adalah jumlah uang di mana pelanggan rela
memberikan sebagai ganti dari produk. Penentuan harga sangat rumit. Bila
anda menjual dengan harga terlalu rendah, anda akan meningkatkan
penjualan tetapi dengan hasil kecil. Bila harga terlalu tinggi,
pelanggan anda akan membeli dari saingan anda. Cara yang baik untuk
menentukan harga adalah dengan melihat keadaan pasar sekitar: Anda dapat
memberi harga tinggi bila produk diterima pelanggan sebagai barang
baru, unik, dan tidak ada penggantinya. Tetapi anda harus menurunkan
harga bila terdapat banyak saingan dan barang pengganti.
“Promosi” menjelaskan tentang aktivitas-aktivitas
komunikasi yang digunakan untuk memastikan bahwa pelanggan tahu tentang
tawaran perusahaan, mempunyai kesan baik terhadap produk, dan akhirnya
melakukan transaksi. Promosi bisa berupa macam-macam bentuk seperti
iklan TV, promosi, telemarketing, dan sebagainya.
Bagaimana dapat mengontrol rencana pemasaran?
Ada kemungkinan rencana pemasaran anda tidak berjalan sesusai dengan renaca awal. Contoh-contoh hal yang dapat terjadi:
- Pelanggan menggunakan produk untuk sesuatu yang berbeda
- Permintaan pasar lebih rendah dari yang diharapkan
- Saingan-saingan anda mendahului anda
- Biaya pemasaran lebih tinggi dari yang diharapkan
Sumber: http://www.bisniskecil.com/?p=32
Tidak ada komentar:
Posting Komentar