Pemasaran mempunyai
peranan yang sangat menentukan karena pemasaran mempunyai kedudukan sebagai
perantara antara produsen dan konsumen. Pemasaran merupakan suatu urutan-urutan
kegiatan yang saling berkaitan erat dan bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia melalui proses pertukaran. Dengan demikian perusahaan dalam
menjalankan usahanya perlu memperhatikan dan mengembangkan sistem pemasarannya.
Masalah pemasaran merupakan
salahsatu aspek yang sangat penting bagi perusahaan untuk menjalankan roda
perusahaannya, karena tidak jarang perusahaan gagal mencapai tujuannya
disebabkan sistem pemasaran yang kurang tepat. Untuk lebih jelasnya Philip
Kotler (1997:8) menyatakan :
“
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu
dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan
menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak
lain .”
Kegiatan
pemasaran tidak dapat dipisahkan dari seluruh rangkaian kegiatan usaha
perusahaan karena didalamnya terdapat banyak bagian-bagian yang harus
dimengerti dan dilaksanakan khususnya oleh seorang pemasar/lembaga pemasaran.
Sedangkan pengertian menurut William J. Stanton (1993:7) yaitu :
“
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan
barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat
ini maupun konsumen potensial “.
Dalam suatu perusahaan apapun juga,pasti ada
yg namanya seorang marketing. Dimana org tersebut yang berkewajiban untuk
mencari pelanggan dan menghasilkan omset bagi perusahaan tersebut.
Fungsi Marketing yang utama adalah sebagai berikut:
Distribusi : Penjualan barang ke konsumen
Display : Pemajangan barang di toko
Promosi : Memperkenalkan barang ke konsumen
Konsultan : Menerima keluhan / saran konsumen
Pelayanan : Melayani konsumen dengan baik
Menjaga citra : Sebagai wakil dari perusahaan
menjaga citra produk & perusahaan itu sendiri
Dalam marketing ada 4 komponen dasar yang
wajib dikuasai oleh seorang marketing,komponen tersebut biasa disebut Marketing
Mix(4P).
1. Product
Menguasai barang dagangan yang dijual,baik
keunggulannya,spesifikasinya,dan hal-hal lain yang berhubungan dgn produk
tersebut.
2. Price
Menguasai berapa harga barang tersebut,harga
jualnya,keuntungan yang bisa diraih, dan lain-lain.
3. Promotion
Bisa mempromosikan/memperkenalkan produknya kepada semua
orang,agar orang lain tertarik untuk membeli.
4. Place
Seorang marketing yg pandai,tahu dimana ia
harus melakukan trik-trik tertentu.Juga tahu tempat/sasaran yang dituju,dimana
produknya akan laku dijual.
3 Dasar Ilmu Marketing.
1. Positioning
Bagaimana kita memposisikan bisnis
kita ke dalam pasar. Bagaimana kita sebagai pemilik bisnis memposisikan diri
terhadap konsumen, dan sebaliknya bagaimana bisnis kita di mata konsumen.
Konsep dasar dari usaha yang akan kita jalankan perlu dirancang untuk mulai
membangun sebuah bisnis.
2. Differentiation
Hal apa saja yang membedakan kita
dengan pasar. Disinilah nilai keunikan suatu bisnis sangat diperlukan agar
bisnis tersebut dapat mencolok dari bisnis-bisnis lain yang memiliki genre yang
sama. Jika tidak, maka bisnis itu sendiri yang akan tenggelam ke dalam pasar
tanpa ada konsumen yang tau kalau bisnis kita ada.
3. Branding
Pemilihan logo, nama, slogan menjadi
senjata terakhir agar konsumen dapat mengingat kita dengan mudah, sehingga
diperlukan keserasian antara nama, logo dan usaha yang kita jalani. Untuk itu
pemilihan nama tidaklah sembarangan, agar konsumen dapat mengenali siapa kita
dan apa bisnis kita melalui sebuah nama.
Referensi:
http://dansite.wordpress.com/2009/03/24/definisi-pemasaran-marketing/
http://wawanscl.wordpress.com/2009/10/03/ilmu-marketing/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar