Sabtu, 27 Oktober 2012

Bab 1


Latar Belakang:


Perkembangan peran perbankan syariah di Indonesia tidak terlepas dari system perbankan di Indonesia secara umum. System perbankan syariah juga diatur dalam Undang-undang No. 10 tahun 1998 dimana Bank Umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Pengembangan perbankan syariah juga diperlihatkan dengan adanya “dual banking system” dimana bank konvensional diperkenankan membuka unit usaha syariah. Bebrapa tahun belakangan ini banyak bank-bank konvensional yang membangun dan membuka cabang perbankan syariah. Banyaknya bermunculan bank-bank syariah dapat menimbulkan pertanyaan apakah metode-metode yang digunakan dalam bank syariah tersebut menggunakan prinsip-prinsip syariah Islam? Bagaimana system bagi hasil keuntungan yang didapatkan nasabah? Bagaimana penerapan akuntansi syariah yang sesuai dengan prinsip-prisip syariah? Dan kegiatan investasi yang sesuai dengan syariah Islam untuk menghasilkan kehidupan yang mulia (falah), memberikan manfaat (maslahah) dan menghindari cara investasi yang dilarang yaitu riba, gharar dan maysir. Dalam islam, investasi ditentukan oleh beberapa variable diantaranya adalah ekspektasi keuntungan pada sebuah proyek, pendapatan dan kondisi perekonomian (bukan oleh tingkat bunga yang selama ini dikenal dalam teori ekonomi konvension).

Batasan Masalah:

Penulisan ini terbatas kepada satu bank saja yaitu: Bank Syariah Mandiri

Tujuan:

Untuk mengetahui faktor-faktor nasabah memilih bank syariah dibandikan bank konvensional dan mengetahui metode-metode yang digunakan bank tersebut sudah sesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah.

Metode Penelitian:

Dalam memperoleh informasi yang diinginkan. Penulis menggunakan beberapa tahap yaitu:
1.       Mencari jurnal yang sesuai dengan penelitiannya
2.       Membandingkan jurnal tersebut dengan jurnal-jurnal yang lain
3.       Menyajikan perbandingan jurnal-jurnal tersebut dan memberikan saran atau rekomendasi hasil dari penelitian tersebut.

Sistematika penulisan:

Bab 1 Pendahuluan: Latar Belakang, Batasan Masalah, Tujuan, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan.
Bab 2 Landasan Teori: landasan-landasan teori  dan tinjauan segala hal yang berhubungan dengan pembahasan masalah
Bab 3 Analisa Pembahasan: implementasi metode yang tepat
Bab 4 Penutup: Kesimpulan, Saran atau Rekomendasi hasil penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar